Posted on

Pamor Rojo Gundolo | Pamor Tiban Yang Menyimpan Beragam Kesaktian

Pamor Rojo Gundolo | Pamor Tiban Yang Menyimpan Beragam Kesaktian

Pamor Rojo Gundolo – Sebagai seorang Kolektor Keris Pusaka atau sebagai penikmat budaya terkhusus Pusaka Keris. Anda tentunya sudah tidak asing dengan Pamor yang satu ini. Tak sedikit orang beranggapan pamor yang satu ini memiliki segudang misteri yang tersimpan di dalamnya. Iya, Menurut RM. Ashraff Sigid dalam melihat dan mengartikan maksut dari sebuah Pamor dalam bilah pusaka memang membutuhkan pendalaman yang khusus, agar kita mampu memahami filosofi dari Pamor itu Sendiri.

Beragam bentuk yang bisa kita lihat pada setiap Pamor Rojo Gundolo yang melekat pada sebilah pusaka. Pamor Rojo Gundolo atau sering di sebut juga Gundolo Rojo, merupakan nama pamor atau motif yang muncul dengan tidak sengaja saat proses penempaan pusaka atau sering di sebut juga Pamor Tiban. Seperti pada keris kebanyakan, pamor Rojo Gundolo lumrah berwujud visual manusia yang sedang duduk bermeditasi.

Pamor seperti demikian umumnya terletak ditengah sor-soran namun, adakalanya juga terletak agak ketengah bilah keris, bahkan ada juga yang di ujung keris. Visual Rojo Gundolo bentuknya bukan hanya mirip seperti manusia perempuan atau laki-laki, terkadang ada juga yang mirip hewan atau tumbuhan bahkan alam semesta.

Dipercaya sebagian orang, Rojo Gundolo yang bertuah biasanya yang dari pamor tiban dan bukan rekaan.

Pamor Rojo Gundolo | Pamor Tiban Yang Menyimpan Beragam Kesaktian

Keris dengan pamor demikian, umumnya memiliki tuah pembawaan karekter si pemiliknya meliputi sifat perlindungan, menolak guna-guna, memindahkan mahluk halus, membersihkan rumah “angker” bahkan jika kerisnya istimewa bisa digunakan menyembuhkan orang yang sakit atau kesurupan.

Selain itu, keris dengan pamor Rojo Gundolo ini kerap di gadang-gadang merupakan sebuah pusaka piandel dari raja-raja Jawa bahkan juga merupakan koleksi dari Presiden ke 2 Indonesia Soeharto. Pernah juga diceritakan, keris Rojo Gundolo ini dipakai Sunan Kali Jogo untuk menaklukkan Ratu Kidul.

Dari berbagai sudut pandang tentunya kita layak mengagumi dengan pusaka buatan sang mpu pembuat keris ini. Mulai dari setiap lekuk sisi-sisi besi yang syarat penuh makna hingga, kekuatan suci yang dapat merasuk pada sebilah besi dan bermanfaat umpan balik bagi si pemiliknya. Untuk itulah, menjadi sangat mulia manakala cucu generasi bangsa ini agar senantiasa dapat melestarikan tinggalan murni sang ibu pertiwi.


Artikel Menarik Lainnya:


Chat Langsung Dengan RM. Ashraff Sigid Untuk PEMAHARAN dan KONSULTASI Pusaka.

RM. Ashraff Sigid – Kolektor Keris & Guru Spiritual

 225 total views,  2 views today