LEGALITAS RESMI

Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia

Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia atau yang di singkat (PTAI) adalah Suatu Perkumpulan/Asosiasi yang telah di pimpin langsung oleh R.M Ashraff Sigid. Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia Telah berdiri dan di resmikan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Pada 15 April 2019.

Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia memang tergolong masih baru di dunia Perkerisan. Namun nama R.M Ashraff Sigid secara pribadi telah banyak di kenal para pelestari Pusaka Keris di seluruh Indonesia. Perkumpulan ini akan menjadi jembatan bagi siapa saja yang ingin menambah ilmu pengetahuan, Melestarikan Keris dan Juga sebagai wadah yang resmi bagi siapa saja yang ingin memaharkan/mengalih rawatkan Tosan Aji khususnya Keris.

LEGALITAS PTAI RESMI – NOMOR AHU-0004464.AH.01.07.TAHUN 2019

Surat Legalitas Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia

SIAPA R.M ASHRAFF SIGID

Tonggak Sejarah Berdirinya Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia PTAI

Mas Ashraff Sigid Sebenarnya telah lama memiliki keinginan untuk membangun sebuah Perkumpulan yang mampu merangkul setiap golongan, terutama orang yang ingin memahami Keris lebih dalam lagi. Mas Ashraff Sigid merasa gelisah karena warisan Adi Luhung dari nenek moyang kita sekan di tinggalkan dan tidak lagi di kenal di kalangan Masyarakat Indonesia saat ini.

Keris Pusaka sendiri telah diresmikan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak  25 November 2005. Namun sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata. Banyak di temukan keris peninggalan keluarga yang memiliki sejarah besar. Namun hanya tergeletak di sudut rumah, tidak di rawat dan bahkan dilarung. Terlebih sebilah keris di buat oleh Sang Empu melalui proses yang tidak mudah. Hal ini Sangat di sayangkan sekali. Oleh karena hal itu Mas Ashraff Sigid ingin mengedukasi memberi wawasan kepada masyarakat tentang Pusaka Keris. Banyak generasi muda yang tidak memahami seluk beluk dan sejarah tentang pusaka keris dengan baik. 

Sisi Ekonomi Yang Tak Bisa Dianggap Remeh

Melalui Perkumpulan ini Mas Ashraff Sigid juga ingin mempopulerkan kembali pamor keris yang semakin lama semakin di tinggalkan oleh masyarakat. Khususnya dalam hal ekonomi atau investasi. Banyak Keris yang bernilai tinggi yang di abaikan dikalangan Masyarakat Indonesia. Sehingga keris yang memiliki sejarah, filosofi yang agung, yang harusnya memiliki nilai sangat tinggi, hanya bisa tergeletak tak berharga. Keris sendiri memiliki sisi lain yang hanya bisa dilihat oleh sedikit orang. Hal ini yang membuat Keris memiliki sisi ekonomi yang semakin lama semakin tinggi nilainya.

“Perkumpulan Pecinta Tosan Aji Indonesia adalah wujud keseriusan dari R.M Ashraff Sigid. Untuk Melestarikan Keris Pusaka sebagai Warisan Budaya dan Untuk membantu Masyarakat luas dalam memahami Tosan Aji”