Posted on 1 Comment

Koleksi Tosan Aji Maha Karya Indonesia

KOLEKTOR KERIS – Keris memiliki makna yang sangat mendalam bagi peradaban Masyarakat Jawa. Keris Secara garis besar dapat di artikan sebagai “Ageman” Atau Pakaian. Bagi leluhur Jawa Keris bukan hanya semata – mata senjata tikam berjenis belati, banyak filosofi alur kehidupan yang di sematkan oleh Sang Empu saat Prosesi pembuatannya sebagai warisan yang di tujukan untuk anak cucunya.

Profil Mas Sigid - Sang Kolektor Keris

 

Menurut Pakar Tosan Aji, Mas Ashraff Sigid – PIMPINAN PERKUMPULAN PECINTA TOSAN AJI INDONESIA (PPTAI), ada empat Pusaka Keris yang menjadi simbol kehidupan peninggalan leluhur bahkan wajib di miliki Orang Jawa, terutama generasi muda. Keempat empatnya adalah keris yang berdapur lurus, runcing dan tajam.

Falsafah Orang Jawa mengatakan, Keempat Keris ini adalah Doa sapu jagad. Banyak yang mempercayai, jika Orang Jawa memiliki keempat Keris ini, sesuai filosofinya. Maka, Orang tersebut akan mudah untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupannya. Tak heran Banyak orang yang berburu keempat Keris ini. Keempat Keris Berdapur Lurus ini adalah Brojol, Tilam Sari, Tilam Upih, dan Keris Jalak Sangu Tumpeng.

Makna dari masing – masing keris ini.

Brojol, Sebagai lambang keluar dari segala permasalahan yang di hadapi.

Tilam Sari, Melambangkan Sebuah keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warohmah.

Tilam Upih, Merupakan simbol dari Jiwa pemikir dan Sosok yang penurut kepada sang Guru.

Jalak Sangu Tumpeng, Serba tercukupi, sudah tidak kurang sandang dan pangan.

Selain keempat keris di atas juga masih banyak Keris yang memiliki dapur lain, yang bisa di gunakan untuk masing – masing tujuan. Diluar dari makna inti dan tuah dari keris peninggalan Nenek Moyang, kita juga wajib menjaga Keris sebagai peninggalan budaya yang luhur. Agar peninggalan budaya terkhusus Tosan Aji tidak hilang di telan masa, Terlebih Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak  25 November 2005.

A Masterpiece Of The Oral And Intangible Heritage Of Humani.

1 thought on “Koleksi Tosan Aji Maha Karya Indonesia

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *