Keris Pasopati Pamor Banyu Mili | Keris Pembawa Rejeki & Kemuliaan Jabatan

Rp1,500,000,000.00

Nama Pusaka : Keris Pasopati..
Dapur / Bentuk : PAsopati.
Pamor / Lambang / Filosofi : Banyu Mili.
Tangguh / Era Pembuatan / Estimasi : Mataram Surakarta.
Model Bilah Pusaka : Lurus.
Panjang Bilah-Gonjo Keris : – CM
Panjang Seluruh Keris : – CM
Asal Usul Pusaka : Dari Sang Mpu Wesi Aji Sakti.
Warangka : Ganyaman Solo Kayu Cendana Wangi (Langka).
Garansi : Pusaka Dijamin Original.

Tuah / Khasiat : Untuk Membawa Pemilik dalam kemuliaan Usaha, Tahta, Pangkat dan Jabatan, Sangat baik untuk ketentraman dan keselamatan pemiliknya, memudahkan mencari rejeki, cukup berwibawa dan disayang orang sekelilingnya.

Stok habis

Deskripsi

Keistimewaan Keris Pasopati Pamor Banyu Mili | Keris Pembawa Rejeki & Kemuliaan Jabatan

Tentang Pamor Keris Pasopati | Keris Pembawa Rejeki

keris pembawa rejekiKeris Pembawa Rejeki | Pamor Banyu Mili – Pamor ini juga dikenal dengan sebutan Pamor Setro Banyu dan juga Ilining Warih, yang juga bermakna Banyu Mili (Air Mengalir). Ciri pamor ini hampir sama dengan pamor adeg, yakni coraknya menyerupai garis – garis membujur dari pangkal hingga ke ujung bilah keris. Perbedaannya adalah, jika Pamor Banyu Mili coraknya berkelok, sedangkan Pamor Adeg cenderung lurus. Corak berkelok inilah yang mirip dengan aliran air, sehingga di sebut Banyu Mili. Hal ini senada dengan Apa yang di ungkapkan oleh RM. Ashraff Sigid – Kolektor keris dan Guru Spiritual.

Symbol yang melekat dengan pamor ini ialah sebagai harapan untuk kelancaran rejeki bagi sang pemilik. Serta membawa sebuah situasi baru yang lebih baik dan keluar dari masalah – masalah kehidupannya. Filosofi Air yang berkelok – kelok, mengalir dari gunung hingga samudra, mencari jalannya sendiri. Maka bukan suatu hal yang mengherankan jika pamor banyu mili ini menjadi incaran para kolektor keris pusaka. Keris yang meiliki pamor banyu mili ini, dianggap sebuah keris pembawa rejeki, karena tuahnya.

Hiduplah seperti air, Mengalir dan menjadi sumber kehidupan segala hal yang hidup

Air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tuhan menciptakan air agar manusia bisa mengambil pelajaran darinya. Sifat air yang selalu mengalir ke tempat rendah analog dengan sikap rendah hati pada manusia. Ibarat pemimpin, air adalah pemimpin yang melayani. Jika ia berada di posisi teratas, maka ia akan menjadi pelayan bagi orang-orang yang membutuhkan di bawahnya.

Sifat lain dari Air ialah,  Ia selalu mengisi ruang-ruang yang kosong. Manusia yang baik adalah manusia yang berusaha mengisi kekosongan (baca : kekurangan) dari manusia lainnya. Dengan meniru sifat air, kita seharusnya bisa menjadi penolong bagi orang lain yang membutuhkan. Karena sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat kepada orang lain.

Kemudian Juga, Air selalu mengalir ke muara. Tak peduli seberapa jauh jaraknya, air pasti akan tiba di muara. Dengan kita meniru filosofi air yang mengalir, seharusnya kita punya visi dalam kehidupan. Hal utama yang patut diteladani dari perjalanan air menuju muara adalah sikapnya yang konsisten. Bayangkan, ada berapa banyak hambatan yang dilalui oleh air gunung untuk mencapai muara? Mungkin ia akan singgah di sungai, tertahan karena batu kayu, tetapi akhirnya ia tetap mengalir dan tiba di muaranya. Waktu tempuh air untuk sampai ke muara sangat bervariasi. Ada yang hanya beberapa hari, tapi ada juga yang beberapa minggu. Patut diingat, hal terpenting bukanlah waktu tempuh yang akan dilalui, tapi seberapa besar keyakinan untuk menuju muara atau visi atau impian yang akan kita gapai.

Begitu sederhana dalam kata, tetapi sarat makna.

Tentang Dhapur Pasopati | Keris Pembawa Rejeki

Pasopati merupakan sedikit dapur keris yang sangat populer di kalangan masyarakat nusantara. ciri keris berdapur pasopati adalah memakai ada -ada, bilahnya nampak sangat ramping, permukaan bilahnya nggigir sapi. Sedangkan Ricikan yang terdapat pada dapur Pasopati ialah. Lambe gajahnya hanya satu, memakai kembang kacang pogog, sogokan rangkap dan ri pandan. Kadang-kadang memakai gusen dan lis-lisan.

Menurut catatan kuno, keris Pasopati dapat kita lacak pertama kali dibicarakan dalam teks sastra Serat Pustakaraja Purwa dan Pratelan yang ditulis sekitar abad XII (Basuki Teguh Yuwana, Keris Naga, 2011). Di pulau Jawa yang waktu itu masih menyatu dengan Sumatra sebelum letusan Gunung Krakatau, keris yang pertama kali dibuat (dhapur dhuwung saha waos) pada tahun 230 Masehi ialah keris model dhapur Lar Ngatap, Pasopati dan cundrik. Keris model demikian ini dibuat di Medhangkamulan, ibukota kerajaan Mataram Kuno, yang diperkirakan berada di Gunung Lawu. Mpu yang membuatnya adalah Mpu Ramadi kala tahun jawi hangleresi sengkala 152 (tahun 152 Saka).

Sosok Tampan Dibalik Keris Pusaka Pasopati | Keris Pembawa Rejeki

Sebenarnya didalam pewayangan Pasopati bukanlah keris, melainkan panah dhapur Wulan Tumanggal. Menurut cerita pewayangan Arjuna mendapat pusaka Pasopati seusai lakon Arjuna Wiwaha. Arjuna mewakili sosok ahli budaya, romantis, tampan, ahli perang, pemanah ulung dan juga sekaligus adalah seorang yang mempunyai spiritualitas yang tinggi. Menguasai dunia sebagai ‘lelananging jagad, jagoning dewa’. Secara harafiah lelananging jagad (jawa) artinya lelaki sejati pejantan tangguh jagad raya. Jagoning dewa (jawa) artinya jagoan yang dipuja para dewa-dewi. Simbol kualitas dan ketangguhan sebagai lelaki.

Pasopati tidak didapat Arjuna dengan hal yang mudah, butuh waktu untuk bertapa dengan segala ujian untuk kemudian ia dianugerahi panah pusaka ini oleh Bathara Guru. Hal ini bisa dijadikan pembelajaran bagi kita untuk mengerti lebih dalam tentang makna Pasoepati. Kita semua pasti pernah menghadapi hari-hari yang sulit. Hari-hari ketika kita mengalami kejadian-kejadian hidup jauh dari yang diharapkan. Sehingga rasa putus asa dan ingin menyerah menjadi jalan keluar pintas. Tapi kita tidak perlu khawatir, karena ini adalah bagian dari kehidupan, bagian dari skenario perjalanan hidup yang penuh dengan suka dan duka. Tapi cara kita bertindak, berpikir dan memutuskan sesuatu pada masa-masa sulit tersebut akan menghasilkan perbedaan yang besar.

Pasopati senjata maut sang Arjuna yang ketika satu dilepas dari busur akan mampu memecah menjadi seribu dan selalu tepat sasaran. Hal ini sebagai pengingat bahwa kita harus selalu menjadi pribadi optimis. Menjadi pribadi yang optimis bukan berarti mengharapkan segala sesuatu terjadi dengan sendirinya. Tapi menjadi optimis artinya mengharapkan yang terbaik, yakin yang terbaik akan terjadi, tapi pada waktu yang sama ia mengerahkan segala kemampuan.. keringat dan tetes darah hingga sesuatu yang dicita-citakan terjadi.

Merupakan Senjata Pamungkas

keris pembawa rejekiPusaka Pasopati dahulunya adalah senjata pamungkas Arjuna untuk menaklukkan sifat kehewanan dalam diri. Manusia dan binatang sama-sama diberikan hawa nafsu, namun kelebihan manusia diciptakan dengan kesempurnaan berupa iman dilengkapi dengan akal dan perasaan. Jihad yang paling besar yaitu jihad melawan hawa nafsu. Hawa nafsu yang tidak dapat dikendalikan juga dapat merusak potensi diri seseorang. Potensi yang dimaksud di sini adalah potensi untuk menciptakan keadilan, ketenteraman, keamanan, kesejahteraan, persatuan dan hal-hal baik lainnya. Dari sini kita bisa belajar untuk menjadi pribadi lebih baik setiap harinya. Pribadi yang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pribadi yang lebih banyak memberi manfaat bagi orang lain.

Keris dengan dapur Pasopati sarat dengan makna dan filsafat yang sangat dalam. Pasopati adalah simbol akan kepemimpinan, suatu perjuangan dan sebuah kesetiaan. Ricikan keris lurus tanpa luk agar orang yang memilikinya tidak akan goyah pendiriannya, lurus dalam perjalanan hidupnya, serta menjadi seorang pemimpin yang berpendirian teguh. Itulah sebabnya kepemilikan keris dhapur Pasopati pada jaman dahulu identik dengan senopati atau panglima perang. Tidak sembarang orang dapat memiliki keris dhapur tersebut. Dan hingga kini keris berdhapur Pasopati banyak diburu oleh mereka yang terjun dalam dunia politik dan militer.

Note :

  1. Untuk Pemaharan, Deskripsi dan Gambar yang lebih detail tentang Keris Pasopati Pamor Banyu Mili | Keris Pembawa Rejeki & Kemuliaan Jabatan  Silahkan Menghubungi R.M Ashraff Sigid dinomor : 0811 – 2888 – 540 (WA/SMS/TLP)
  2. Baca Tata Cara Pemaharan Disni!!
  3. Disclaimer, Jaminan Dan Garansi, Disini!!

*Selain Keris Bertuah Keris ini sangat Indah sebagai pusaka koleksi.

Tag :

  • fungsi keris setro banyu
  • kegunaan keris sengkelat pamor banyu mili
  • khasiat keris banyu mili