Pamor Keris Yang Paling Dicari – Keris Panimbal Pamor Wos Wutah Luk 9

Rp16,000,500.00

Nama Pusaka : Keris Luk 9 Dhapur Panimbal
Dapur / Bentuk : Panimbal
Pamor / Lambang / Filosofi : Wos wutah
Tangguh / Era Pembuatan / Estimasi : Madiun
Model Bilah Pusaka : Luk
Panjang Bilah-Gonjo Keris : – CM
Panjang Seluruh Keris : – CM
Asal Usul Pusaka : Dari Sang Mpu Wesi Aji Sakti.
Warangka : Gayaman Jogja Kayu Timoho
Garansi : Pusaka Dijamin Original

Tuah / Khasiat : Membuat sang pemilik akan mendapatkan kelimpahan rejeki, Kemakmuran, Lancar dalam menjalankan setiap usaha dan upaya untuk mendapatkan rejeki, Sukses dalam berkarir, Doa dan harapan yang di panjatkan kepada Sang Pencipta akan senantiasa di mudahkan.

Deskripsi

Keistimewaan Keris Panimbal Pamor Wos Wutah – Pamor Keris Yang Paling Dicari

Tentang Pamor Keris Panimbal

Pamor keris yang paling dicari – Pamor Wos Wutah, Pamor pada Keris adalah motif atau gambar yang terdapat pada bilah Keris yang dihasilkan dari campuran beberapa logam seperti besi, baja dan nikel, atau ada juga yang menggunakan batu meteor sebagai bahan Pamornya.

Beberapa jenis logam yang berbeda tersebut kemudian ditempa menjadi sebilah Keris sehingga terbentuklah lapisan-lapisan logam yang berbeda warna ketika diwarangi, karena nikel dan batu meteor tidak terpengaruh oleh reaksi kimia yang terjadi dari proses pewarangan yang membuat besi dan baja menjadi berwarna hitam.

Selain memperindah wujud dari sebilah Keris, Pamor juga diyakini sebagai gambaran/perlambang dari tuah Keris itu sendiri.

Ada dua jenis Pamor yaitu Pamor tiban dan Pamor rekan. Pamor tiban merupakan Pamor yang terbentuk secara alami tanpa rekayasa dari Sang Empu dan bentuknya biasanya lebih sederhana. Sedangkan Pamor rekan adalah Pamor yang bentuknya telah dirancang atau direkayasa terlebih dulu oleh Sang Empu sehingga bentuk Pamor rekan biasanya lebih indah dan artistik.

Nama Pamor sendiri biasanya disesuaikan dengan bentuknya yang menyerupai sesuatu, baik itu benda, tumbuhan, binatang, atau mahluk tertentu yang kemudian bentuk-bentuk pamor tersebut juga dihubungkan dengan khasiat atau tuah dari Keris tersebut.

Nama Pamor Keris jumlahnya sangat banyak, salah satunya adalah Pamor Beras Wutah/Wos Wutah yang merupakan salah satu jenis Pamor tiban. Dan merupakan Pamor keris yang paling dicari. Ungkap Mas Ashraff Sigid.

Filosofi Pamor Wos Wutah – Pamor Keris Yang Paling Dicari

Beras Wutah/Wos Wutah artinya beras tumpah yang mewakili ungkapan “Gemah ripah loh jinawi” (tenteram, makmur, dengan kekayan alam yang berlimpah.

Keris Panimbal - pamor keris yang paling dicariPada jaman dahulu, kemakmuran ditandai dengan hasil panen yang berlimpah, hal itulah yang kemudian mengilhami para Empu untuk memberi nama Beras Wutah/Wos Wutah pada Pamor Keris buatannya.

Pamor Beras Wutah/Wos Wutah merupakan salah satu jenis Pamor yang paling banyak dibuat sehingga menjadi salah satu jenis Pamor yang paling banyak dijumpai terdapat pada sebilah Keris.

Secara fisik bentuk Pamor Beras Wutah/Wos Wutah, menyerupai motif butiran beras tumpah, dan merupakan pamor, tiban yang terbentuk dari proses penempaan yang dilakukan oleh Sang Empu.

Dan secara spiritual, dalam proses pembuatan sebilah Keris Sang Empu akan melakukan ritual khusus atau tirakat yang intinya adalah sebuah bentuk permohonan/do’a kepada Yang Maha Kuasa dan menyerahkan hasil dari tempaannya dalam bentuk Pamor kepada kehendak Tuhan secara ikhlas.

Secara filosofis, Beras Wutah/Wos Wutah menggambarkan harapan dan keinginan dari Empu pembuat Keris. Sehingga Beras Wutah sering dihubungkan dengan keinginan untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah, atau kehidupan yang lebih makmur. Dan pada jaman sekarang Beras Wutah/Wos Wutah berarti melambangkan rejeki dan penghasilan yang melimpah.

Tentang Dhapur Panimbal Pamor Wos Wutah – Pamor Keris Yang Paling Dicari

Kolektor keris - Keris Panimbal3Dhapur Panimbal adalah salah satu bentuk dhapur luk sembilan. Ukuran panjang bilahnya sedang, memakai ada-ada, sehingga pemukaannya nggigir lembu. Ricikan lainnya adalah kembang kacang, lambe gajah, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. Keris dhapur Panimbal tergolong populer, banyak dijumpai.

Pada zaman dahulu keris dhapur ini populer di kalangan para abdi dalem. Karena dipercaya memiliki tuah yang menyebabkan pemiliknya dipercaya oleh atasannya (termasuk raja) untuk melaksanakan berbagai tugas.

Filosofi Dapur Panimbal

Panimbal merupakan Palu berbentuk kecil dengan ujung pemukulnya panjang, sekitar 45 cm yang terbuat dari kayu atau bambu. Dan selalu digunakan oleh para Empu jika sedang bekerja bersama panjaknya. Panimbal terbagi dalam tiga jenis, yaitu :
  1. Panimbal Kemlaku, beratnya 2 kati (1 kg) untuk mengimbal (mewasuh) besi  dengan cara dipukulkan dengan keras. Palu ini dipergunakan oleh para panjak untuk menempa, melipat, mengulur besi menurut petunjuk sang Empu.
  2. Panimbal Panuding, beratnya 1 1/2 kati (0,75 kg), dipergunakan oleh sang Empu untuk memberi arahan kepada panjak
  3. Panimbal Pepehan, beratnya 1 kati (0,5 kg) fungsinya hampir sama dengan no. 2
Dengan palu panimbal ini seorang Empu memberi aba-aba melalui kode pukulan, bagaimana panjaknya harus menempa di bagian mana? Apakah harus kuat, atau memukul dengan lemah dan sebagainya. Dalam proses menempa tersebut sang Empu adalah penunjuk saja dan dilakukan dengan mbisu (tidak berbicara). 
 

Note : Untuk Deskripsi dan Gambar yang lebih detail tentang Keris Panimbal Dhapur Wos Wutah – Pamor Keris Paling Paling Dicari, Silahkan Menghubungi kami  di nomor : 0811 – 2888 – 540 (WA/SMS/TLP).

*Selain Keris Bertuah Keris ini sangat Indah sebagai pusaka koleksi.

 

61 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini