Keris Nogo Siluman Asli Empu Dalem HB IX Luk 13

Rp300,000,000.00

Nama Pusaka : Keris Luk 13 Nogo Siluman
Dapur / Bentuk : Nogo Siluman.
Pamor / Lambang / Filosofi : Wiji Timun
Tangguh / Era Pembuatan / Estimasi : Era HB IX
Model Bilah Pusaka : Luk
Panjang Bilah-Gonjo Keris : – CM
Panjang Seluruh Keris : – CM
Asal Usul Pusaka : Dari Sang Mpu Dalem Era HB IX
Warangka : Ladrang Solo Kayu Gembol Jati
Garansi : Pusaka Dijamin Original

Tuah / Khasiat : Membuat sang pemilik akan mendapatkan kelimpahan rejeki, Kewibawaan, Kemakmuran, Lancar dalam menjalankan setiap usaha dan upaya untuk mendapatkan rejeki, Sukses dalam berkarir, Doa dan harapan yang di panjatkan kepada Sang Pencipta akan senantiasa dimudahkan, Terhindar dari mala petaka, baik gaib maupun fisik.

Deskripsi

Keistimewaan Keris Nogo Siluman Asli Empu Dalem Luk 13

Tentang Pamor Keris Nogo Siluman

keris nogo siluman asliKeris Nogo Siluman Asli Pamor Wiji Timun – Pamor Wiji Timun, Pamor ini dari segi bentuk terlihat mirip sekali dengan pamor Uler Lulut dan juga Mlinjon. Ciri Khas yang membedakan ialah terdapat guratan di tengahnya. Jika di bandingkan dengan pamor uler lulut, Pamor wiji timun nampak sedikit lebih kecil dengan bulatan yang sedikit lebih lonjong. Corak atau tekstur memenuhi dari sisi pangkal hingga ujung bilah keris. Selain itu keris Nogo Siluman www.kolektorkeris.com ini juga di buat oleh Empu Dalen era Hamengku Buwono IX. Dari segi garap dapat dilihat sangat rapih dan detail sekali.

Berbicara mengenai tuah Pamor wiji timun juga dipercaya untuk memperlancar mencari jalan rejeki. Ada unsur kewibawaan yang tersirat dari pamor ini, baik sebagai pedagang, pengusaha besar maupun pemimimpin suatu daerah.

Hameng Kubuwono ( 1822 – 1855 )

keris nogo siluman asliDi era kepemimpinan sultan hameng kubuwono juga banyak empu-empu yang memproduksi keris sebagi salah satu pusaka yang bernilai tinggi. Diantaranya ada panji harjamanik, kangjeng kyai, dan juga ada panungkup kangjeng kyai. Mulai dari panji harjamanik disini memiliki ciri yang sangat unik dimana tangguh ini memiliki dapur pendawa paniwen dimana nama ini tidak ada dalam pakem dapur keris, warangka yang terbuat dari kayu timoho dan mempunyai pendok berbahan emas, keris ini dibuat oleh empu mangkudahana.

Selanjutnya untuk keris panungkup kangjeng kyai memiliki ciri khas berdapur sempana dan dengan luk sinarasah. Keris panungkup dibuat oleh empu lurah supa dijaman sultan hameng kubuwono.

Tentang Dhapur Keris Nogo Siluman Asli Empu Dalem

keris nogo siluman asli“Banyak opini yang beredar mengenai Keris Nogo siluman Asli. Yang paling banyak terdengar adalah Keris Milik Pangeran Diponegoro yang konon katanya di sita oleh Belanda, saat penangkapan beliau. Dan akhirnya disimpan di Museum belanda. Memang pernah diusulkn untuk di kembalikan kepada Indonesia oleh Raden saleh. Namun secara tiba – tiba Keris Nogo Siluman menghilang tanpa jejak, dan tidak di ketahui keberadaannya hingga kini”. Menurut R.M Ashraff Sigid

Keris Nogo Siluman merupakan salah satu dhapur Keris Naga yang cukup populer dan banyak diburu oleh para kolektor benda pusaka serta orang-orang yang percaya pada tuah ghaibnya. Salah satu tokoh Nasional yang memiliki ageman Keris Nogo Siluman adalah Pangeran Diponegoro yang sangat disegani dan sering membuat repot pihak Belanda pada perang Kemerdekaan.

Pahlawan Nasional lainnya yang memiliki ageman Keris Nogo Siluman adalah Jenderal besar Soedirman yang dengan gagah berani memimpin pasukan PETA berperang melawan penjajah Belanda pada perang Kemerdekaan. Siluman atau Seluman dalam bahasa Sansekerta berarti khayalan (penglihatan), yaitu bayangan yang dibangkitkan oleh kekuatan magis. Maka pengertian Nogo Siluman secara harafiah dapat diartikan sebagai Naga yang tidak kelihatan atau Naga yang ada di alam khayalan (alam ghaib/mistis).

Keris dhapur Nogo Siluman tergolong langka, dan pada jaman dahulu banyak dipakai oleh tokoh agama atau orang-orang yang mendalami ilmu kebatinan/spiritual.

Ciri dan filosofi Keris Nogo Siluman Asli

keris nogo siluman asliCiri Keris Nogo Siluman yaitu memiliki luk 13 dengan gandhik berbentuk kepala Naga mengenakan mahkota, sumping, dan juga kalung. Sedangkan badan Naga dibuat sedikit tersamar yang kemudian menghilang pada luk pertama menyatu dengan bilahnya yang mengandung makna sebagai himbauan agar Manusia dalam menjalani hidup ini harus bisa mengendalikan hawa nafsunya yang berupa kekuasaan, kemewahan atau kekayaan.

Makna simbolis ini dapat diartikan bahwa sebagai seorang pemimpin tidak boleh bertindak sewenang-wenang, karena apa yang dimilikinya adalah “sampiraning urip” (titipan sementara). Sedangkan mulut Naga yang terbuka cukup lebar yang kadang disumpal dengan butiran emas atau batu mulia. Diyakini dapat meredam kekuatan negatif atau hawa panas dari Keris Nogo Siluman tersebut.

Makna sesungguhnya yang menjadi pesan dari disumpalnya mulut Naga menggunakan emas atau batu mulia adalah bahwa Manusia harus mampu mengendalikan ucapannya. Masyarakat Jawa mengenal ungkapan yang berbunyi ajining diri soko kedaling lati”, artinya kehormatan diri seseorang berasal dari ucapan atau kata-katanya.

Jika dihubungkan dengan sifat-sifat kepemimpinan. Pesan yang tersirat yaitu bahwa sabda seorang pemimpin tidak boleh berubah-ubah (sabda pandita ratu tan keno wola-wali). Dengan demikian kemulian seorang pemimpin tercermin dari kemampuannya untuk menyelaraskan antara perkataan dengan perbuatan.

Tuah Keris Nogo Siluman Asli:

• Keris Nogo Siluman dipercaya memiliki tuah untuk menghilang, atau mengalihkan pandangan musuh sehingga tidak bisa melihat kita.

• Tuah ghaib Keris Nogo Siluman dipercaya dapat menghindarkan pemiliknya dari segala masalah atau selalu dapat lolos dari masalah. Seperti filosofi tubuh Naga yang menghilang pada bilahnya.

• Menambah aura Kewibawaan dan kesaktian bagi pemiliknya.

Note :

  1. Untuk Pemaharan, Deskripsi dan Gambar yang lebih detail tentang Keris Nogo Siluman Asli Empu Dalem HB IX Luk 13. Silahkan Menghubungi R.M Ashraff Sigid dinomor : 0811 – 2888 – 540 (WA/SMS/TLP)
  2. Baca Tata Cara Pemaharan Disni!!
  3. Disclaimer, Jaminan Dan Garansi, Disini!!

*Selain Keris Bertuah Keris ini sangat Indah sebagai pusaka koleksi.

Tag :

  • gambar keris naga kecil
  • keris griyo kulo
  • keris kecil nogo pangeran
  • keris naga siluman luk 13 pamor uler lulut
  • kolektor pusaka com
  • nogo siluman luk 15
  • pamor keris yang langka
  • pusaka keris naga siluman pajajaran