Keris Kuno Tilam Upih Pamor Tri Warna (Super)

Rp19,430,000.00

Nama Pusaka : Keris Pusaka Tilam Upih
Dapur / Bentuk : Tilam Upih
Pamor / Lambang / Filosofi : Tri Warna (Junjung Drajat, Putri Kinurung & Wos Wutah)
Tangguh / Era Pembuatan / Estimasi : Demak
Model Bilah Pusaka : Lurus.
Panjang Bilah-Gonjo Keris : – CM
Panjang Seluruh Keris : – CM
Asal Usul Pusaka : Dari Sang Mpu Wesi Aji Sakti.
Warangka : Ladrang Solo Kayu Jati.
Mendak : Perak.
Garansi: Pusaka Dijamin Original.

Tuah/Khasiatnya : Khasiat dari Pusaka Keris Kuno ini merupakan kombinasi dari Pamor Tri Warna yang ada pada bilahnya, yakni Pamor Junjung drajat, Putri kinurung dan Wos Wutah. Memiliki energi kewibawaan, Kepercayaan diri, Menunjang derajat semakin meningkat, Melimpah rejekinya, kemakmuran, dan Hemat dalam mengelola kekayaan yang di dapat.

Deskripsi

Keistimewaan Keris Kuno Tilam Upih Tri Warna Super

Tentang Pamor Keris Kuno Tilam Upih

Pamor Junjung Drajat

Keris Kuno Tilam Upih dengan pamor Junjung Drajat diyakini memiliki tuah untuk meningkatkan derajat/pangkat atau status sosial dan kerejekian pemiliknya. Keris dengan pamor Junjung Drajat cocok dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta karena tuahnya diyakini mampu menaikkan wibawa dan kharisma pemiliknya, sehingga pemilik Keris tersebut akan cepat naik pangkat dan kariernya menanjak dengan cepat.

Keris Kuno Tilam Upih TriwarnaSedangkan jika Keris dengan pamor Junjung Drajat dimiliki oleh seorang pengusaha atau orang yang memiliki usaha sendiri, tuah pamor ini akan membantu pemiliknya dalam menjalankan usahanya menjadi lebih besar dan maju, sehingga rejeki akan melimpah dan derajat/status sosial pemiliknya di masyarakat akan terangkat. Artinya, baik orang yang berprofesi sebagai pegawai atau pengusaha, cocok untuk memiliki Keris dengan pamor Junjung Drajat.

Seperti namanya, Keris dengan pamor Junjung Drajat diyakini akan mampu mengangkat derajat pemiliknya. Secara harfiah, Junjung Drajat bisa di artikan Mengangkat Derajat/Status Sosial pemiliknya.
Motif pamor Junjung Drajat berupa garis-garis yang tersusun membentuk segitiga seperti anak panah atau bentuk gunung dengan ujung yang lancip. Melambangkan peningkatan atau terus menanjak kepuncak yang lebih tinggi. Garis-garis pamornya yang berlapis-lapis atau bertumpuk melambangkan menjunjung/menopang sesuatu yang lebih tinggi.

Pamor Putri Kinurung

Keris Kuno Berpamor Putri Kinurung adalah salah satu motif pamor yang bentuk gambarannya merupakan sebuah dan au besar dengan beberapa pulau kecil di tengahnya. Letaknya bisa di mana saja, tetapi yang sering ada di sor-soran. Yang berada di sor-soran pada umumnya dianggap lebih baik dari pada yang di tengah bilah. Pamor ini banyak yang menyukai karena dianggap memiliki tuah yang bermanfaat untuk mencegah dan Putri Kinurung mengurangi sifat boros permiliknya. Pamor Puteri Kinurung tergolong pamor tiban, yakni pamor yang bentuk gambarannya tidak dirancang lebih dahulu oleh si empu.

Pamor Wos Wutah

Keris kuno Bepamor pada Keris adalah motif atau gambar yang terdapat pada bilah Keris yang dihasilkan dari campuran beberapa logam seperti besi, baja dan nikel, atau ada juga yang menggunakan batu meteor sebagai bahan Pamornya.

Beberapa jenis logam yang berbeda tersebut kemudian ditempa menjadi sebilah Keris sehingga terbentuklah lapisan-lapisan logam yang berbeda warna ketika diwarangi, karena nikel dan batu meteor tidak terpengaruh oleh reaksi kimia yang terjadi dari proses pewarangan yang membuat besi dan baja menjadi berwarna hitam.

Selain memperindah wujud dari sebilah Keris, Pamor juga diyakini sebagai gambaran/perlambang dari tuah Keris itu sendiri.

Keris kuno Tilam Upih TriwarnaAda dua jenis Pamor yaitu Pamor tiban dan Pamor rekan. Pamor tiban merupakan Pamor yang terbentuk secara alami tanpa rekayasa dari Sang Empu dan bentuknya biasanya lebih sederhana. Sedangkan Pamor rekan adalah Pamor yang bentuknya telah dirancang atau direkayasa terlebih dulu oleh Sang Empu sehingga bentuk Pamor rekan biasanya lebih indah dan artistik.

Nama Pamor sendiri biasanya disesuaikan dengan bentuknya yang menyerupai sesuatu, baik itu benda, tumbuhan, binatang, atau mahluk tertentu yang kemudian bentuk-bentuk pamor tersebut juga dihubungkan dengan khasiat atau tuah dari Keris tersebut.

“Nama Pamor Keris jumlahnya sangat banyak, salah satunya adalah Pamor Beras Wutah/Wos Wutah yang merupakan salah satu jenis Pamor tiban”. Kata Mas Ashraff Sigid

“Beras Wutah/Wos Wutah artinya beras tumpah yang mewakili ungkapan “Gemah ripah loh jinawi” (tenteram, makmur, dengan kekayan alam yang berlimpah”. Sambungnya.

Asal Muasal Pamor Wos Wutah

Pada jaman dahulu, kemakmuran ditandai dengan hasil panen yang berlimpah, hal itulah yang kemudian mengilhami para Empu untuk memberi nama Beras Wutah/Wos Wutah&pada Pamor Keris buatannya.

Pamor Beras Wutah/Wos Wutah merupakan salah satu jenis Pamor yang paling banyak dibuat. Sehingga menjadi salah satu jenis Pamor yang paling banyak dijumpai terdapat pada sebilah Keris.

Secara fisik bentuk Pamo Beras Wutah/Wos Wutah menyerupai motif butiran beras tumpah, dan merupakan pamor, tiban yang terbentuk dari proses penempaan yang dilakukan oleh Sang Empu.

Dan secara spiritual, dalam proses pembuatan sebilah Keris Sang Empu akan melakukan ritual khusus. Tirakat yang intinya adalah sebuah bentuk permohonan/do’a kepada Yang Maha Kuasa. Guna menyerahkan hasil dari tempaannya dalam bentuk Pamor kepada kehendak Tuhan secara ikhlas.

Secara filosofis, Beras Wutah/Wos Wutah menggambarkan harapan dan keinginan dari Empu pembuat Keris. Sehingga Beras Wutah sering dihubungkan dengan keinginan untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah, atau kehidupan yang lebih makmur. Dan pada jaman sekarang Beras Wutah/Wos Wutah berarti melambangkan rejeki dan penghasilan yang melimpah.

Tentang Keris Kuno Dhapur Tilam Upih

Dhapur Tilam Upih dalam terminologi Jawa bermakna tikar yang terbuat dari anyaman daun untuk tidur. Diistilahkan untuk menunjukkan ketenteraman keluarga atau rumah tangga. Oleh karena itu banyak sekali pusaka keluarga yang diberikan secara turun-temurun dalam dapur tilam Upih. Ini menunjukkan adanya harapan dari para sesepuh keluarga agar anak-cucunya nanti bisa memperoleh ketenteraman dan kesejahteraan dalam hidup berumah tangga. Empu Bromogedali membabar Keris ber-dhapur Tilam Upih dan Balebang. Sang Empu diperintah oleh Raja Budawake yaitu Sang Brahma yang menjelma di Negeri Sawanda. Kemudian nama Sawanda diubah menjadi Negeri Medang Kamulan.

Ricikan Keris Dhapur Tilam Upih : Keris ini berbentuk lurus, Memakai pejetan, Gandik polos, Memakai tikel alis, Ganja polos, Tidak pakai greneng.

Makna Simbolik Keris Kuno Dhapur Tilam Upih

Kolektor keris - Keris kuno Tilam Upih TriwarnaDapur Tilam Upih, dalam terminologi Jawa bermakna tikar yang terbuat dari anyaman daun untuk tidur. Hal ini diistilahkan untuk menunjukkan ketenteraman keluarga atau rumah tangga. Oleh karena itu, banyak sekali pusaka keluarga yang diberikan secara turun-temurun dalam dapur Tilam Upih. Ini menunjukkan adanya harapan dari para sesepuh keluarga agar anak-cucunya nanti bisa memperoleh ketenteraman dan kesejahteraan dalam hidup berumah tangga.

Para Orang Tua jaman dulu memberikan Keris Dhapur Tilam Upih secara turun temurun kepada anaknya yang menikah. Hal ini mengartikan orang tua mendoakan anaknya agar hidup rumah tangganya baik, mulia dan berkecukupan. Keris Tilam Upih juga merupakan simbol harapan akan hidup yang berkecukupan. Keris Tilam Upih juga disebut Ibu dari semua Keris (The Mother of Kris). Menurut kisah. Dahulu kala Sunan Kalijaga pernah menyarankan kepada pengikut – pengikutnya. Bahwa keris yang pertama harus dimiliki adalah Keris Tilam Upih.

 

Note : Untuk Deskripsi dan Gambar yang lebih detail tentang Keris kuno Tilam Upih Tri Warna (Super), Silahkan Menghubungi kami  di nomor : 0811 – 2888 – 540 (WA/SMS/TLP).

*Selain Keris Bertuah Keris ini sangat Indah sebagai pusaka koleksi.

Tag :

  • foto logo pusaka keris
  • logo keris
  • foto logo keris
  • keris dapur putri
  • keris kuno
  • keris tilam sari pamor bungkem wos wutah
  • khasiat pusaka beras wutah
  • motif keris jawa tengah
  • pamor keris sor soran
  • png keris